PENGUMUMAN

SELEKSI KOMPETENSI DASAR

Untuk PKP2A II LAN 18 Oktober 2017 berlokasi di Aula Makodam XIV/Hasanuddin, Jl. Urip Sumoharjo, Panaikang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulsel 90233. Selengkapnya ...

LAN Makassar kembali menguji 60 proyek perubahan Pejabat Eselon II se KTI

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
Berita dari PKP2A II LAN Makassar
SIARAN PERS
 
Makassar, 10 September 2014
 
PKP2A II LAN Makassar pada 23 September 2014 kembali akan menguji 60 proyek perubahan yang dilakukan oleh dari 60 orang pejabat dan calon pejabat eselon II se KTI. Para pejabat ini  tengah mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat II Angkatan 39 Kelas C yang telah berlangsung selama lebih dari 4 bulan. Bertindak sebagai penguji adalah Kepala Lembaga Administrasi Negara RI Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA bersama para Deputinya. Hasilnya akan menentukan kelulusan peserta sebagai bukti kemampuan mereka dalam memimpin perubahan di organisasi masing-masing. Kelulusan peserta akan diumumkan pada acara penutupan yang akan berlangsung keesokan harinya Rabu 24 September 2014 jam 14.00 WITA.
 
Diklat tersebut merupakan implementasi kedua kalinya Diklat Kepemimpinan Pola Baru di Kawasan Timur Indonesia. Lembaga Administrasi Negara telah mereformasi sistem Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan bagi aparatur pemerintah. Berbeda dengan Diklat Kepemimpinan dimasa lalu dimana peserta cenderung lulus semuanya, pada Diklat Pola Baru ini kelulusan sangat selektif dan didasarkan pada keberhasilan peserta merancang dan memimpin implementasi proyek perubahan di instansinya masing-masing.
 
Kepala PKP2A II LAN Makassar, Dr. Muhammad Firdaus, MBA menyatakan bahwa Diklat Kepemimpinan pola baru ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan pola lama. Pertama, pemimpin yang dicetak adalah pemimpin perubahan. Olehnya itu, setiap peserta diwajibkan merancang dan secara nyata memimpin implementasi suatu proyek perubahan di instansinya masing-masing yang merupakan solusi inovatif terhadap permasalahan yang mereka diagnosa sebelumnya. Kedua, model pembelajarannya bersifat ekperiensial sehingga peserta tidak hanya belajar di dalam kelas tetapi mengalami langsung melalui visitasi, benchmarking ke best practices tertentu, dan melaksanakan proyek perubahan di instansinya secara nyata. Ketiga, pembelajaran bersifat discovery, dimana widyaiswara tidak lagi menyuapi peserta melalui ceramah tetapi memfasiltasi mereka menemukan sendiri jawaban atau solusi dari suatu permasalahan yang mereka hadapi. Pada akhirnya, kelulusan peserta ditentukan dari sejauh mana mereka bisa membuktikan kemampuannya dalam memimpin perubahan tertentu di organisasinya.
 
 
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kabid Diklat Aparatur PKP2A II LAN Makassar, Dr. Muhammad Aswad, M.Si.: Hp. 081242344333

Kami Disini

Nilai Dasar Kami

 

Mitra Kerja Kami

 

 

 

 
Copyright © PKP2A II LAN 2014. All rights reserved.
Designed by olwebdesign.com