EVALUASI KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA SATUAN PENYELENGGARA ADMINISTRASI SIM SATLANTAS SORONG KOTA

  • Milawaty
Keywords: Kinerja, Kinerja Unit Penyelenggaraan Publik, Promoter, Surat Izin Mengemudi

Abstract

Gerakan untuk menjadikan keadilan sosial sebagai salah satu nilai penting dalam penyelenggaraan pemerintahan sudah dimulai sejak lama, yakni hampir empat dekade yang lalu. Dalam mewujudkan keadilan sosial tersebut, Kepolisian Indonesia sejak beberapa tahun terakhir memiliki Program Promoter guna terwujudnya penegakan hukum yang obyektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan. Program Promoter ini dilaksanakan melalui 11 program prioritas, yang salah satu diantaranya adalah peningkatan pelayanan publik. Peningkatan pelayanan publik menjadi salah satu program prioritas mengingat masih banyaknya keluhan terutama saat masyarakat berhadapan dengan loket pelayanan publik, termasuk pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan publik pada unit layanan SIM pada Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Satlantas Sorong Kota. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui data primer dan data sekunder. Ruang lingkup penelitian didasarkan pada Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dari Permenpan-RB Nomor 17/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rangka pemenuhan pelayanan yang prima, Satpas Satlantas Polres Sorong Kota hampir sebagian besar telah memenuhi standar pelayanan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam aturan.

Keywords:  Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, Promoter, Surat Izin Mengemudi (SIM)

Published
2021-09-27