Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik Pada Puskesmas Kebonsari Melalui Pelaksanaan PEKPPP
Abstract
Menyadari pentingnya pelayanan publik dalam penyelenggaraan pemerintahan dan semakin meningkatnya tuntutan terhadap pelayanan yang lebih berkualitas, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi secara aktif berupaya dengan melaksanakan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP). Puskesmas merupakan salah satu penyelenggara pelayanan publik dalam bidang kesehatan yang melakukan evaluasi pelayanan publik tersebut. Pada pendampingan pelaksanaan PEKPPP terlihat bahwa Puskesmas Kebonsari masih menunjukkan beberapa kekurangan terkait enam aspek standar kualitas pelayanan, dengan sejumlah dokumen kebijakan yang berlaku belum sepenuhnya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PEKPPP di Puskesmas Kebonsari memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Namun, keberhasilan ini sangat tergantung pada kemampuan sumber daya manusia yang terlibat dalam pelaksanaannya. Dimana dalam dampak pelaksanan PEKPPP di Puskesmas Kebonsari terhadap aspek tangible, reability, dan assurrance belum dapat memuaskan para masyarakat. Dengan hasil penelitian tersebut upaya ini harus didukung oleh komitmen yang kuat dari seluruh sumber daya manusia (SDM) di Puskesmas Kebonsari agar tidak hanya terbatas mendapatkan nilai Indeks Pelayanan Publik yang bagus, tetapi juga untuk menciptakan perubahan yang substansial dalam kualitas pelayanan yang diberikan.