EKSPEKTASI DAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN KEPERAWATAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR TERHADAP KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID 19

  • Nur Al Marwah Asrul
Keywords: kualitas pelayanan, tingkat kepuasan, EDUQUAL, pendidikan secara daring

Abstract

Jurnal ini berjudul “Ekspektasi Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Jurusan Keperawatan Uin Alauddin Makassar Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Secara Daring Selama Pandemi Covid 19” bertujuan untuk mengetahui ekspektasi dan tingkat kepuasan layanan pendidikan secara daring terhadap mahasiswa Program Studi  Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, UIN Alauddin Makassar pada semester gasal tahun ajaran 2020-2021 selama masa pandemi Covid-19. Penilaian kualitas layanan pendidikan ditinjau dengan instrument EDUQUAL yang terdiri atas 5 faktor : Learning Outcome, Responsiveness, Physical Facilities, Personality Development, dan Academic. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif, mengumpulkan data dari kuisioner dengan 20 pertanyaan dan jawaban mengunakan Skala Likert (1-5) pada 50 mahasiswa. Data yang dianalisis dengan melihat tingkat kesesuaian harapan dan penilaian kinerja, serta Analisis Importance and Performance Matrix.  Hasil akhir data berdasarkan nilai rata-rata kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan yaitu : rata-rata nilai tingkat kinerja 3.97 (cukup baik) dan rata-rata nilai harapan 4.48 (penting). Berdasarkan Analisis Importace and Performance Matrix ditemukan terdapat 6 faktor yang menjadi prioritas utama dalam proses perbaikan layanan pendidikan. Setidaknya ada 7 faktor yang patut dipertahankan dalam menjaga kualitas layanan pendidikan. Dua faktor yang dianggap kurang penting dan kurang memuaskan. Serta 5 faktor yang dianggap kurang penting tapi kinerja memuaskan. Perlu adanya strategi untuk memaksimalkan layanan pendidikan secara daring selama pandemi covid-19 dalam upaya peningkatan kepuasan mahasiswa sesuai yang dibutuhkan.

Published
2020-12-31