Home Kajian Kebijakan Inovasi Administrasi Negara

Kajian Kebijakan Inovasi Administrasi Negara

INI SEKADAR CONTOH KONTEN 

Sesuai dengan Peraturan Kepala LAN Nomor 14 Tahun 2013 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Lembaga Administrasi Negara, Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara mempunyai tugas melaksanakan kajian kebijakan dan inovasi administrasi negara, administrasi pembinaan jabatan fungsional analis kebijakan berdasarkan kebijakan Deputi I serta pengembangan sistem informasi di bidangnya.

Secara garis besar, kegiatan Bidang KANIGARA meliputi (1) Kajian Kebijakan, (2) Inovasi Administrasi, (3) Advokasi & Perkonsultasian, (4) Fokkasi Jabanubat

Penelitian (research) adalah sebuah upaya penyelidikan terhadap suatu fenomena dengan menggunakan metode ilmiah. Setidaknya ada tiga pedekatan yang bisa digunakan dalam melaksanakan penelitian yaitu pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan campuran kualitatif-kuantitatif (Creswell, 2014 : 3-4). Dalam bidang administrasi negara, penelitian pada umumnya dilakukan untuk mempelajari dan memberikan solusi terhadap fenomena atau persoalan riil di lingkungan sektor publik daripada membangun teori (Thiel, 2014 : 5, 28). Oleh karena itu, dalam penelitian administrasi negara metode yang digunakan bersifat induktif (khusus ke umum) yaitu membuat generalisasi dari fenomena yang ada berdasarkan hasil observasi atau penggalian data. Penelitian secara umum memiliki siklus sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini. Penelitian kualitatif biasanya bersifat induktif yang berangkat dari problem hingga penyusunan aksioma atau bahkan teori. Sedangkan penelitian kuantitatif biasanya menggunakan teori sebagai dasar untuk menyusun hipotesa kemudian mengujinya dengan menggunakan data-data dari lapangan.  
Data peneliian tahun 2018 dalam bentuk PDF
Data dalam bentuk PDF-link ke publikasi
Data dalam bentuk PDF-link ke publikasi
Data dalam bentuk tabel
Data dalam bentuk tabel
INOVASI adalah ide, gagasan, pemikiran, terobosan dalam rangka melakukan pembaharuan dalam praktik dan proses penyelenggaraan pemerintahan, sehingga memiliki nilai tambah dalam satu atau lebih aspek dan atau proses administrasi negara.
TAHAPAN INOVASI
DRUM UP Merupakan tahapan pertama untuk menginspirasi dan menggugah semangat berinovasi. DIAGNOSE Merupakan tahapan kedua untuk mengidentifikasi dan menemukan ide inovasi.DESIGN Merupakan langkah ketiga untuk merancang desain/ prototype inovasi secara lebih detail dan siap untuk diimplementasikan. DELIVER Merupakan langkah keempat yakni mengimplementasikan, memonitoring, dan mengevaluasi implementasi inovasi. DISPLAY Merupakan tahap kelima untuk melakukan festival dan promosi inovasi.
Data laboratorium Inovasi pertahun
Tabel Hasil research (pdf)
Isi dengan list agenda dalam bentuk gambar (pdf)