Mengakhiri tahun 2020, Puslatbang KMP melakukan kegiatan Refleksi Akhir Tahun pada hari Rabu, 30 Desember 2020. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Puslatbang KMP yang sedang melakukan work from office di Ruang Rapat Wolter Monginsidi maupun pegawai yang sedang work from home secara daring melalui Zoom Meeting.

Pada kegiatan ini, Kepala Puslatbang KMP, Dr. Andi Taufik, M. Si., menyampaikan hasil evaluasi kinerja setiap bidang dan bagian sepanjang tahun 2020. Beberapa hal menjadi poin penting dalam evaluasi kinerja ini, diantaranya adalah perlunya lebih banyak inisiatif dan peningkatan responsifitas, sinergi dengan berbagai pihak eksternal, perlunya dilaksanakan kajian berkala yang agile dan relevan dengan situasi yang ada, serta perlunya dilaksanakan transformasi, digitalisasi dan integrasi dalam pelayanan. Tak hanya arahan yang bersifat internal, Kepala Puslatbang KMP juga berkesempatan untuk menyampaikan arahan dari Kepala LAN terkait pelaksanaan kinerja di tahun 2021.

Selain melakukan evaluasi, apresiasi juga disampaikan oleh Kepala Puslatbang KMP kepada seluruh pegawai Puslatbang KMP. Seluruh dinilai telah berpartisipasi aktif dengan tetap melaksanakan kinerja terbaiknya meskipun berada di masa pandemi. Kepala Puslatbang KMP juga menyampaikan pujian atas kegiatan di telah berjalan dengan baik selama tahun 2020. Diantaranya adalah lahirnya berbagai inovasi selama masa pandemi Covid-19 seperti LAN Grow (L-Grow), Sahabat LAN, Puslatbang KMP Menyapa, serta berbagai inovasi lain. Tidak lupa diberikan apresiasi kepada Bidang Pelatihan dan Pengembangan yang berhasil meluncurkan inovasi Rumah Alumni di akhir tahun 2020. Inovasi ini diharapkan dapat dikembangkan lagi dari sisi sistem monitoring dan pengembangannya.

Tidak hanya berhenti di situ, setelah refleksi akhir tahun dilaksanakan, kegaitan dilaanjutkan dengan pemaparan oleh Ibu Nirwati Yapardy, S. Pd., M. HRM. IR., Widyaiswara Puslatbang KMP, mengenai hasil pelaksanaan LAN Grow (L-Grow) di tahun 2020 ini. L-Grow sendiri merupakan salah satu inovasi andalan Puslatbang KMP yang dimaksudkan untuk memenuhi hak pegawai dalam hal pengembangan kompetensi yang dilaksanakan dengan metode coaching dan mentoring. Dalam kesempatan ini disampaikan progress pelaksanaan L-Grow hingga bulan Desember serta testimoni dari pegawai yang telah merasakan manfaat dari kegiatan ini.