Berita

Pelatihan Pengembangan Kapasitas ASN Provinsi Sulawesi Barat

Sebagai bentuk penguatan tugas-tugas Sekretasis Perangkat daerah sebagai motor penggerak pimpinan dan kinerja organisasi, Puslatbang KMP menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Kapasitas ASN bekerjasama Provinsi Sulawesi Barat. Pembukaan acara berlangsung pada hari senin, 28 Februari 2022 di Ruang A. P. Pettarani. Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Dr. Muhammad Idris, M.Si dan turut dihadiri oleh Ketua Forum Sekretaris Dinas Provinsi Sulawesi Barat, Dr. Andi Muhammad Yasin, M.Si.

Kepala Puslatbang KMP, Dr. Andi Taufik, M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa peran Sekretaris Dinas sangat penting dalam organisasi karena terkait dengan pengembangan kompetensi diri sendiri maupun seluruh anggota organisasi. Apabila elemen pengembangan kapasitas ditangani dengan baik maka proses pengembangan kompetensi akan merata di Provinsi Sulawesi Barat sehingga akan tercipta akselerasi di lingkup kabupaten maupun provinsi.

Pengembangan kompetensi sangat penting dalam era disrupsi dan untuk menjawab tantangan di era society 5.0 diperlukan sekretaris yang memiliki kompetensi manajerial yang cukup baik. Maka dari itu dilakukan penguatan-penguatan melalui 5 sesi materi yang terkait core values ASN BerAKHLAK, pengelolaan keuangan dan Barang Milik Daerah, serta penyelenggaraan pemerintahan dengan pemanfataan teknologi.

Sebelum membuka acara secara resmi, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Dr. Muhammad Idris, M.Si menyebutkan bahwa tugas sekretaris dinas terkait dengan penguatan aspek internal organisasi yang mengetahui seluk beluk problem internal organisasi. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah bagaimana proses empowering berlangsung secara terus menerus, sehingga pemberdayaan SDM bisa terbangun dengan baik. Melalui forum ini bukan hanya menjadi forum keluhan tetapi bagaimana merancang program untuk penguatan organisasi baik dari proses perencaan, eksekusi sampai tahap evaluasi. (iq)

Related Articles

Back to top button