Puslatbang KMP sebagai pelaksana pelatihan dan pengembangan ASN dituntut untuk melakukan monitoring dan evaluasi pasca pelatihan untuk mengukur kinerja alumni pasca mengikuti pelatihan kepemimpinan yang dilaksanakan. Namun karena keterbatasan anggaran, kegiatan monitoring dan evaluasi keberlanjutan proyek perubahan alumni pasca pelatihan belum terlaksana saat ini. Hal tersebut yang kemudian membuat Nurwahyudianti, SS., M. HRM. IR., Koordinator Bidang Pelatihan dan Pengembangan Puslatbang KMP, menginisiasi kegiatan LAN Bina Alumni yang bertujuan untuk memonitoring kapasitas pemimpin perubahan melalui evaluasi pasca pelatihan sebagai wujud konsistensi keberlangsungan proyek perubahan yang telah dilakukan.

Peluncuran LAN Bina Alumni sendiri dilaksanakan pada hari Jumat, 6 November 2020 di Aula Hasanuddin Puslatbang KMP Makassar. Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan dan pegawai Puslatbang KMP, perwakilan alumni Pelatihan Kepemimpinan serta tamu undangan. Acara launching juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Bombana, H. Tafdil, SE, MM., Pjs Bupati Kabupaten Tana Toraja yang juga menjabat sebagai Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Asri Sahrun Said, serta beberapa perwakilan BPSDM di wilayah Kawasan Timur  Indonesia. Peluncuran

Dalam kesempatan ini, Nurwahyudianti, SS. M. HRM. IR selaku inovator LAN Bina Alumni memberikan sedikit penjelasan terkait latar belakang dan tujuan dilaksanakannya program monitoring pasca pelaksanaan pelatihan ini. Kepala Puslatbang KMP, Dr. Andi Taufik, M. Si, dalam sambutannya berharap bahwa LAN Bina Alumni akan mampu menjadi rumah baru bagi alumni pelatihan kepemimpinan Puslatbang KMP untuk saling belajar dan menginspirasi dalam terus menjalankan inovasi-inovasi yg diciptakan melalui proyek perubahan. Kepala Puslatbang KMP juga memberikan penghargaan kepada 3 Alumni berprestasi yang inovasinya berhasil mendapatkan prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.