Upaya untuk mendorong berjalannya perubahan menuju birokrasi berkelas dunia terus diupayakan oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI). Tidak hanya melalui pembinaan dalam hal pengembangan kompetensi bagi ASN, LAN juga senantiasa melakukan pendampingan bagi pemerintah daerah yang ingin mempercepat pelaksanaan pengembangan inovasi di wilayahnya melalui pengembangan model serta penguatan kapasitas inovasi. Upaya ini kemudian diwujudkan secara nyata oleh LAN RI melalui Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) Makassar dengan menyelenggarakan penandatangan nota kesepahaman terkait penguatan kapasitas pemerintah dengan dua pemerintah daerah yaitu Pemerintah Daerah Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.

Acara penandatanganan ini dilaksanakan serangkaian dengan pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX dilaksanakan di Aula Hasanuddin Puslatbang KMP, Jl. Raya Baruga No. 48 Makassar, pada hari Senin, 24 Mei 2021. Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala LAN RI, Dr. Adi Suryanto, M. Si beserta 2 kepala daerah yang menandatangani nota kesepahaman yaitu Bupati Mamasa, Dr. H. Ramlan Badawi, MH., dan Bupati Barru, Ir. H. Suwardi Saleh, M. Si.

Dua Kepala Daerah yang hadir memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada LAN RI atas kesediaan mendampingi masing-masing daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Bupati Mamas, Dr. H. Ramlan Badawi, MH., dalam sambutannya berharap bahwa kerjasama ini akan mampu meningkatkan kualitas jalannya pemerintahan di Kabupaten Mamasa. Hal senada juga diungkapkan oleh Bupati Barru, Ir. H. Suwardi Saleh, M. Si. yang berharap kerjasama ini akan membantu daerah yang dipimpinnya menjadi mampu meyelenggarakan pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Kolaborasi menjadi kunci penting dalam melaksanakan pemeritahan yang berkualitas. Dengan Nota Kesepahaman ini diharapkan menjadi titik tolak bagi Pemerintah Kabupaten Barru dan Mamasa sehingga mampu memberikan layanan publik yang terbaik bagi masyarakatnya. Semoga dengan kerjasama ini pula dapat dihasilkan inovasi-inovasi yang berkelanjutan dan dapat dirasakan manfaatnya secara luas,” tegas Dr. Adi Suryanto, M. Si.

Proses penandatanganan nota kesepahaman yang juga dirangkaikan dengan Upacara Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan IX dilakukan langsung oleh Kepala LAN RI, Dr. Adi Suryanto, M. Si., didampingi oleh Kepala Puslatbang KMP LAN RI, Dr. Andi Taufik, M.Si dan Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Asri Sahrun Said yang mewakili Plt. Gubernur Sulawesi Selatan. Acara ini juga disaksikan langsung oleh peserta PKN Tingkat II Angkatan IX beserta pejabat publik perwakilan dari kabupaten Mamasa dan Barru dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.