Sebagai upaya dalam memelihara hubungan baik dengan alumni pelatihan, selain melalui program LAN Bina Alumni, Puslatbang KMP juga melaksanakan program LAN Giving Moments yang mulai dilaksanakan pada tahun 2021 ini. LAN Giving Moments merupakan program inisiatif yang digagas Puslatbang KMP LAN untuk memberikan kontribusi berupa pengembangan kapasitas kepada alumni pelatihan sekaligus membina silaturahmi dengan stakeholder eksternalnya.

Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, pada tanggal 26 Januari 2021 lalu dimulailah kegiatan LAN Giving Moments pertama yang pesertanya adalah alumni Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA), Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP), dan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS yang berasal dari Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dipilih sebagai daerah pertama dalam kegiatan LAN Giving Moments karena telah lama menjalin kerjasama dengan Puslatbang KMP, sehingga data terkait kebutuhan pengembangan ASN-nya telah cukup lengkap dimiliki oleh Puslatbang KMP. Kelengkapan data tersebut yang menjadi dasar pemberian materi pelatihan yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta dari Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Kegiatan LAN Giving Moments ini sendiri dibuka secara virtual oleh Kepala Puslatbang KMP, Dr. Andi Taufik, M. Si., dan dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Bapak Irdas, SH., M. Si., serta Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pangkajane dan Kepulauan, Ibu Hj. Suriani A., SE. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah alumni dari Latsar CPNS sebanyak 77 orang, PKA 3 orang, dan PKP 18 orang.

Kegiatan yang  berlangsung selama 4 hari hingga tanggal 29 Januari 2021 ini dilakukan dalam dua ruang virtual paralel, dimana alumni latsar  dan alumni pelatihan kepemimpinan memperoleh pelatihan secara terpisah. Pelatihan yang berbeda didapatkan oleh alumni ini disesuaikan dengan latar belakang pelatihan yang pernah diikuti. Untuk alumni Latsar CPNS, diberikan materi berupa penguatan kesadaran cinta tanah air dan bangsa, membangun budaya melayani serta diberikan pula materi penunjang untuk meningkatkan kesehatan mental peserta pelatihan dalam bentuk membangu resilience. Sedangkan bagi alumni pelatihan kepemimpinan, sesuai dengan jabatan sebagai atasan yang dipegang, maka diberikan materi pelatihan berupa pembekalan coaching dan mentoring, inovasi, serta pelatihan mindfulness dalam hal kesehatan mental. Materi yang berbeda diberikan kepada peserta alumni latsar dan alumni pelatihan kepemimpinan, namun hasil yang diharapkan adalah adanya kompetensi tambahan bagi alumni pelatihan khususnya dalam hal perilaku dan mentalnya.

Meskipun saat ini pelatihan yang diberikan dalam LAN Giving Moments masih berupa peningkatan kapasitas terkait tugas dan fungsi dari Kelompok Fungsi Pelatihan dan Pengembangan serta Widyaiswara, ke depannya kegiatan ini akan dikembangkan ruang lingkupnya sehingga kelompok fungsi yang lain di Puslatbang KMP dapat turut serta terlibat dalam kegiatan ini.