Memberikan pelayanan terbaik yang bebas dari konflik kepentingan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap instansi pemerintah. Bagi mereka yang berhasil melaksanakannya dengan baik dan mampu menjadi instansi pemerintah yang berusaha lebih untuk membangun unit kerja percontohan yang berintegritas dan melayani dengan prima, predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi yang Bersih Melayani (WBBM) akan diberikan sebagai bentuk apresiasi oleh Kementerian PAN-RB.

Prestasi dalam melayani tersebut akhirnya berhasil diperoleh oleh Puslatbang KMP di tahun 2020 ini, di mana Puslatbang KMP berhasil memperoleh Anugerah Zona Integritas dengan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Penghargaan ini diumumkan dalam acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB pada hari Senin, 21 Desember 2020 melalui ruang virtual Zoom Meeting yang diikuti oleh Kepala Puslatbang KMP, Dr. Andi Taufik, M. Si beserta jajaran pimpinan dan koordinator di lingkup Puslatbang KMP. Di kesempatan yang sama, Kepala Lembaga Administrasi Negara, Dr. Adi Suryanto, M. Si juga hadir secara langsung di tempat kegiatan tersebut berlangsung untuk mewakili unit kerja di lingkup Lembaga Administrasi Negara yang menerima Penghargaan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM tahun 2020.

Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin yang turut hadir secara virtual dalam acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM 2020 menyampaikan arahan kepada setiap perwakilan instansi yang hadir untuk selalu menjunjung tinggi integritas instansi pemerintah. Ma’ruf Amin juga memberikan selamat kepada instansi yang telah berhasil mendapatkan predikat WBK dan WBBM, serta mengingatkan untuk tetap berbenah diri dan mengejar ketertinggalan dan memperbaiki kekurangan bagi mereka yang belum berhasil.

“Pemerintah berkomitmen untuk mempercepat pelaksanaan reformasi birorasi di seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah. Pelaksanaan reformasi birokrasi harus didukung dengan upaya yang serius dalam menciptakan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Keberhasilan reformasi birorasi sangat ditentukan oleh SDM yang unggul dan berintegritas, yang sangat dibutuhkan sebagai agen perubahan untuk kemajuan. Kita perlu memperkuat langkah untuk memperluas cakupan zona integritas dan menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, pelayanan publik yang optimal, kapasitas birokrasi yang handal dan akuntabel, serta SDM aparatur yang profesional,” tambah KH. Ma’ruf Amin.

Sebanyak 752 instansi dari seluruh penjuru Indonesia ikut serta dalam menerima Penghargaan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM. Dari Lembaga Administrasi Negara sendiri terdapat 4 unit kerja yang berhasil mendapatkan predikat WBK yaitu Puslatbang KMP, Politeknik STIA LAN Makassar, Puslatbang PKASN, serta Pusbangkom Pimnas MASN. Penghargaan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM ini akan dievaluasi secara berkala setiap dua tahun dan diharapkan instansi yang menerimanya akan mampu Menularkan virus-virus perubahan untuk mendorong pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia.