Berita

Puslatbang KMP Laksanakan Pelatihan Dasar CPNS untuk 12 Angkatan

Pelatihan Dasar CPNS Angkatan I-XII Puslatbang KMP secara resmi dimulai pada hari Senin, 29 Juni 2020. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN RI, Dr. Basseng, M. Ed, mewakili Kepala LAN RI yang berhalangan hadir. Dalam kesempatan ini, turut hadir pula di dalam ruang virtual Kepala Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,Amurwani Dwi Lestriningsih, S.Sos, M.M. Penyelenggaraan Latsar ini menjadi penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS pertama di Puslatbang KMP yang dilaksanakan secara virtual sejak mewabahnya Covid-19.

“Ada alasan mengapa rekan-rekan (peserta Latsar) wajib mengikuti Latsar. Jika dulu rekan-rekan berada di lingkungan akademis yang memiliki budaya sendiri, kini rekan-rekan telah masuk dalam sistem birokrasi yang memiliki budaya, sistem nilai dan tata kerja yang berbeda. Nilai-nilai dasar ASN dan budaya kerja dalam birokrasi inilah yang harus dikuasai oleh rekan-rekan, dan lewat Latsar hal tersebut diajarkan”, ujar Dr. Basseng, M. Ed dalam arahannya.

Selain mengingatkan mengenai pentingnya memahami nilai dan budaya sebagai seorang PNS, Dr. Basseng, M. Ed juga mengingatkan para peserta terkait tugas PNS dalam masyarakat. Jika dahulu PNS merupakan watchdog bagi masyarakat, paradigma tersebut kini telah berubah dimana, PNS merupakan pelayan masyarakat. PNS tidak hanya harus mampu melaksanakan tugas dan fungsi yang diembannya dengan baik, tetapi juga harus mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Kepala Puslatbang KMP LAN RI, Dr. Andi Taufik, M. Si, yang didaulat membacakan laporan penyelenggaraan kegiatan menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS kali ini, terdapat sebanyak 448 peserta yang berasal dari 16 perguruan tinggi negeri (PTN) dari wilayah barat hingga timur Indonesia. Enam belas PTN tersebut adalah Institut Teknologi 10 November, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Manado, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Sulawesi Barat, Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Politeknik Negeri Fak-Fak, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Negeri Media Kreatif, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Politeknik Nusa Utara, dan Politeknik Pertanian Pangkajene Kepulauan. Dalam kesempatan yang sama, Dr. Andi Taufik, M. Si juga memberikan apresiasi terhadap 13 pimpinan instansi yang menyempatkan untuk hadir di ruang virtual dalam kegiatan Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Angkatan I-XII Puslatbang KMP.

Kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Angkatan I-XII ini sendiri akan digelar dalam 3 gelombang hingga bulan September 2020 nanti.

Related Articles

Back to top button