Berita

Dukung Merdeka Belajar, Puslatbang KMP Terima Institutional Visit 150 Mahasiswa Universitas Negeri Makassar

Selasa, 27 Februari 2024, bertempat di Auditorium Hasanuddin, Puslatbang KMP menerima kunjungan Mahasiswa dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar. Kegiatan Institutional Visit ini merupakan  rangkaian dari kegiatan Bina Orientasi Tingkat Dasar yang mengangkat tema “Diversifikasi Generasi Berkarakter” yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar (Himagara FIS-H UNM). Sebanyak sekitar seratus lima puluh orang mahasiswa ini diterima langsung oleh Kepala Puslatbang KMP Dr. Andi Taufik, M.Si.

Dalam sambutan penerimaannya, Andi Taufik menjelaskan dan memperkenalkan secara singkat mengenai tugas dan fungsi Puslatbang KMP sebagai satuan kerja dari Lembaga Administrasi Negara. Tak lupa Andi Taufik juga menjelaskan mengenai Jurnal Administrasi Publik yang dikelola oleh Puslatbang KMP yang bisa dijadikan referensi dalam tugas-tugas dalam perkuliahan. “Puslatbang KMP juga menerbitkan Jurnal Administrasi Publik yang telah banyak memproduksi tulisan dan terbitan terkait administrasi negara. Kami juga telah banyak memproduksi pengetahuan baru terkait dengan perkembangan ilmu administrasi negara dan manajemen pemerintahan secara keseluruhan, sehingga jika mahasiswa-mahasiswa jurusan Administrasi Negara ini membutuhkan referensi dari Jurnal Administrasi Publik. Perpustakaan kami juga memiliki data mengenai inovasi-inovasi baru dalam pemerintahan yang diproduksi oleh alumni pelatihan yang dilaksanakan di Puslatbang KMP, teman-teman mahasiswa dapat memanfaatkan data tersebut jika diperlukan”, tambah Andi Taufik.

Andi Taufik juga tak lupa berpesan kepada mahasiswa yang hadir untuk memiliki perhatian khusus mengenai evolusi dan perkembangan ilmu administrasi secara keseluruhan.
“Ilmu administrasi negara adalah ilmu pengetahuan yang dinamis, terus berkembang dan berevolusi sehingga selalu ada perubahan-perubahan terutama dalam manajemen pemerintahan. Rekan-rekan mahasiswa harus mengembangkan wawasan dan memperluas cakrawala berpikir, agar tidak terkungkung dengan buku-buku dan teori-teori lama,” pesannya.

Dosen Pendamping dari Program  Studi Ilmu Administrasi Negara UNM, Haerul, S.Pd, M.Pd, M.Si, M.AP  menyampaikan apresiasinya kepada Pimpinan dan seluruh Pegawai Puslatbang KMP yang telah menerima dan memfasilitasi kegiatan Institutional Visit ini.
“Agenda kegiatan institutional visit ini adalah agenda kegiatan yang sangat baik, sangat positif bagi mahasiswa karena selama proses pembelajaran di kampus mahasiswa hanya mempelajari tentang konsep dan teori mengenai administrasi serta kebijakan bidang administrasi publik. Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan mahasiswa bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk menimba ilmu terkait Administrasi Negara serta melakukan observasi terkait tata kelola pemerintahan yang ada di Puslatbang KMP LAN”, tambah Haerul.

Related Articles

Back to top button