Puslatbang KMP sebagai satuan kerja LAN yang membidangi pengembangan kompetensi ASN terus mengadakan pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk melahirkan ASN Indonesia yang lebih produktif dan mampu menghadapi perubahan. Untuk mewujudkannya, Puslatbang KMP melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan IX yang dibuka secara langsung oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Dr. Adi Suryanto, M.Si pada hari Senin, 24 Mei 2020 di Auditorium Hasanuddin Puslatbang KMP.

Dalam arahannya, Kepala LAN RI berpesan kepada seluruh peserta untuk mampu menjadi pemimpin strategis yang dapat memobilisasi seluruh potensi pemerintah dan masyarakat, guna meningkatkan daya saing bangsa dan percepatan pembangunan nasional secara adil dan merata. Tak hanya itu, kemampuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta kesiapan dalam menghadapi seluruh tantangan yang saat ini sedang dihadapi oleh birokrasi juga dibutuhkan dalam menjalankan birokrasi yang dihadapkan pada era disrupsi pada saat ini.

“Perubahan lingkungan menuntut kita untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparatur pemerintah, serta memperbaiki proses bisnis pemerintahan. Jika kita mampu menghadapi tantangan ini, maka pemerintahan yang gesit akan dapat diwujudkan”, tambah Kepala LAN RI dalam arahannya.

Kegiatan PKN Tingkat II Angkatan IX ini diikuti oleh 60 orang peserta pelatihan dengan komposisi 3 orang dari instansi pemerintah pusat dan 57 orang dari instansi pemerintah daerah. Upacara Pembukaan PKN Tingkat II Angkatan IX ini juga turut dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Asri Sahrun Said yang mewakili Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, perwakilan dari Lembaga Pelatihan di wilayah Makassar, serta Pejabat Struktural maupun Fungsional di lingkup Puslatbang KMP.

Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk. II Angkatan IX dilaksanakan dengan metode blended learning yaitu dengan memadukan metode klasikal dan metode distance learning (pembelajaran jarak jauh). Pelatihan secara klasikal dilaksanakan di Kampus Puslatbang KMP LAN dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat.